Ciri Madu Asli Secara Fisik


Bagaimana Cara Mengetahui Madu Asli dan Madu Palsu ? (Simak ulasan dan video di bawah ini)
Dewasa ini produk kemasan madu banyak kita jumpai di toko-toko dan pasar swalayan. Masing-masing merek meng-klaim bahwa yang mereka jual adalah madu asli.  Nah diisinilah diperlukan kejelian konsumen penggemar madu.  Jangan asal beli madu, karena apabila anda mengkonsumsi madu palsu yang kandungannya tidak jelas bahkan terkadang mengandung unsur-unsur yang membahayakan, alih-alih ingin sehat malah mendapatkan penyakit.

Untuk itu dibawah ini dijabarkan beberapa cara sederhana untuk mengetahui apakah madu yang kita beli itu madu palsu atau madu asli. Nah inilah cara membedakan ciri-ciri madu asli secara fisik :

  1. Teteskan madu pada selembar kertas.
    Karena kandungan air madu palsu cukup tinggi maka ketika diteteskan di atas selembar kertas putih dia akan mudah terserap kertas, madu asli akan terserap dalam waktu yang cukup lama.
  2. Dituang ke wadah berisi air,
    Madu asli akan langsung jatuh ke dasar wadah, sedangkan madu palsu cenderung akan menyebar pada air tersebut.
  3. Dikocok dalam wadahnya.
    Wadah madu yang berisi madu dikocok-kocok beberapa saat,  Untuk madu asli akan muncul semacam gas dan aroma madu  menjadi cukup kuat.
  4. Pengujian madu dengan cara menuangkan madu dalam sebuah piring kemudian perlahan piring dituang air putih, selanjutnya piring digoyang-goyang secara perlahan ke kanan dan ke kiri, maka lama kelamaan madu asli tersebut akan membentuk sarang lebah. Untuk madu yang palsu akan bercampur dengan air dan menyebar.

Ciri-ciri fisik nomer 1 sampai dengan nomer 3 memang agak sedikit susah membedakannya, perlu dilakukan percobaan berulang-ulang sehingga kita paham betul cara membedakan madu asli dan Madu palsu.  Sedangkan cara pengujian fisik nomer 4 cukup akurat untuk membedakan madu asli dan madu palsu. Sedikit saran : belilah madu dengan bentuk kemasan yang susah dipalsukan, Buanglah kemasan madu dari plastic dengan merusaknya terlebih dahulu untuk mencegah pemalsuan. Banyak kemasan madu berbentuk botol kaca stabdart nah inilah yang rawan pemalsuan (bukan berarti kemasan botol gelas atau kaca berisi madu palsu namun hanya rawan pemalsuan).

Selain pengujian secara fisik dapat juga dilakukan pengujian dengan percobaan pembuktian madu yaitu dengan uji coba pemanasan madu dan uji coba pengawetan ikan untuk lebih jelasnya bisa disaksikan video di bawah ini :

Selain embel-embel madu asli atau madu murni sering kita jumpai dalam kemasan madu bertuliskan “ Madu Asli mengandung propolis lebah “ atau bertuliskan “ Madu Murni  – Madu Royal Jelly” dan beberapa iklan yang menggiurkan lainnya. Menyikapi hal ini dalam tulisan ini yang perlu ditekankan adalah : yamg terpenting adalah mengetahui apakah madu yang kita beli tersebut madu asli atau madu palsu. Dengan hal tersebut anda sudah terbebas dari hal-hal yang membahayakan Karena madu yang masuk ke dalam tubuh anda secara yakin dan mantap anda tahu bahwa madu tersebut adalah madu asli. Selanjutnya baru anda boleh memilih madu yang dijamin keasliannya dengan spesifikasi yang lebih detail seperti madu lebah hutan, madu lebah kelengkeng, madu Royal Jelly, propolis lebah dan lain-lain. Peringatan sekali lagi  pelajarilah cara membedakan madu asli dan madu palsu sehinga kita terhindar dari penipuan yang tentunya merugikan anda bukan saja kerugian materi atau uang tetapi juga terhindar memasukkan madu palsu ke dalam tubuh yang tentunya lama kelamaan akan membahayakan tubuh kita.

Mulailah untuk menguji madu di rumah anda sekarang juga dan jangan terkecoh dengan penampilan secara kasat mata saja, perlu untuk pengujian seperti yang sudah dijabarkan di atas. Ujilah madu anda mulai dari pengujian cara pertama sampai ke-empat, sehingga anda yakin bahwa madu yang anda konsumsi adalah madu asli.

Artikel terkait dengan Ciri Madu Asli secara fisik :

WWW.CIRIMADUASLI.COM

 

Beli Propolis

Tags: , ,

Comments & Responses

4 Responses so far.

  1. [...] tubuh, sedikit hati-hati dan extra teliti untuk menetukan keaslian madu yang anda beli. Klik disini untuk mengenali ciri-ciri madu asli sehingga diperoleh kebaikan [...]

  2. [...] tubuh, sedikit hati-hati dan extra teliti untuk menentukan keaslian madu yang anda beli. Klik disini untuk mengenali madu [...]

  3. agung purwa hidayat says:

    Dari beragam metode pengetesan keaslian madu…apakah pengetasan dengan cara pembekuan bisa ditrima…soalnya saya mencoba membekukan madu…dan ternyata madu tersebut tidak membeku..dan saya simpulkan kalo madu tersebut adalah asli.

Leave a Reply